Tiga Macam Sedekah yang Sangat Dianjurkan oleh Rasulullah dalam Harta Kepemilikan

Semua yang ada didepan bumi ini baik hewan, tumbuhan, benda mati, sumber mata air, sungai, laut, gunung, langit, bumi, serta lembah.
Semuanya ciptaan Allah SWT yang jadikan atau dipakai untuk penuhi keperluan manusia, oleh karenanya kita di ciptakan oleh Allah jadi makhluk yang paling prima kita mesti melindungi semuanya dengan baik

serta manusia jadikan khalifah atau pemimpin untuk mengelola serta mengatur semua yang berada di muka bumi ini untuk kebutuhan bersama. Dalam menggerakkan tugasnya manusia juga akan memperoleh harta atau kekayaan untuk penuhi keperluan sendiri serta keluarganya, serta beberapa sekali lagi untuk kebutuhan orang-orang. Oleh karenanya kita mesti lebih mengerti apakah itu makna kepemilikan, nah di sini saya juga akan membahas sedikit mengenai pengertian kepemilikan.

Kepemilikan sesungguhnya datang dari akar kata “ malaka ” yang berarti mempunyai dalam bhs Arab berarti “ milk ” bermakna kepenguasaan orang pada suatu hal (barang atau harta) serta barang itu dalam genggamannya baik dengan rill ataupun dengan hukum. Melindungi barang atau hal yang dipunyainya yaitu satu keharusan. Jadi, seperti menjaga harta yang dipunyai yaitu keharusan.

Sebab-sebab kepemilikan dalam islam mencakup :

1. Belumlah ada pemiliknya dengan sah
Contoh : ikan dilaut, burung di alam bebas, hewan buruan, cahaya matahari dll.

2. Barang atau harta yang dipunyai lewat akad
Contoh : jual beli, sewa-menyewa, hutang piutang, gadai-menggadai, hibah atau pemberian.Ada satu hadis dari ahmad (matan : infirad) yang menjelaskan mengenai satu kepemilkan yaitu
Yang berarti : Nabi bersabda, Negara punya allah, hamba juga punya allah, bila engkau memperoleh kebaikan jadi kerjakanlah serta tegakkanlah.

Didalam hadis itu bisa kita mengerti kalau kepemilikan mutlak cuma punya allah swt.   Kepemilikan manusia bermakna kepemilikan pada harta yang didasarkan pada aga ma  yakni kepemilikan yang pada intinya cuma berbentuk sesaat, serta bukanlah kuasai dengan mutlak pada sumber-sumber produksi, namun ia cuma mempunyai kemanfaatannya. Semua yang berada di alam semesta ini termasuk juga sumber daya alam bahkan juga harta kekayaan yang dikuasai manusia yaitu punya allah swt.

Jadi kenapa kita mesti sombong tidak ingin sharing pada sesama walau sebenarnya harta kita itu punya allah serta tak ada yang menganggap kapan harta itu juga akan di ambil oleh sang pemiliknya. Serta kita jadi manusia yang jadikan khalifah atau pemimpin oleh allah kita bertugas untuk melindungi alam semesta ini serta sebenarnya allah itu tidak suka pada beberapa orang yang melakukan perbuatan rusaknya. Jadi jaga alam ini dengan sebaik-baiknya. Serta kita mesti senantiasa bersukur padanya atas semua yang sudah diberi.

Untuk penuhi keperluan setelah itu serta melanjutkan kehidupan ini manusia mesti berupaya serta berusaha keras. sedekah online Serta yang memastikan rejeki kita itu allah seandainya kita tidak lakukan perbuatan yang jelek seperi : mengambil, menipu orang, korupsi, kurangi timbangan, dan lain-lain.

Serta jika kita di beri rejeki lebih serta derajat yang tinggi oleh allah kita mesti bersedekah serta menolong beberapa orang yang lebih memerlukan seperti fakir miskin, anak yatim, hamba sahaya, orang yang kelaparan dalam perjalanan, dan lain-lain.

Ada hadis yang menjelaskan mengenai wajibnya kita bersedekah dalam tiga jenis yakni air, garam, serta api. Yang diriwayatkan oleh ibnu Majah (matan : infirad).

Berarti : aisyah ajukan pertanyaan pada nabi saw : “ apa sajakah yg tidak bisa dilarang? “ Nabi menjawab : “ air, garam, serta api. ” Dia ajukan pertanyaan : bila air kita ketahui, tapi bagaimana garam serta api? Nabi menjawab : wahai khumaira, siapa saja berikan api jadi seolah-olah ia sedekah semua yang dibuat dengan air, siapa saja yang berikan garam jadi seolah-olah ia sedekah semua yang ada garamnya, siapa saja yang berikan air minum pada seorang islam saat ada air jadi dia seolah-olah membebaskan budak, siapa saja yang berikan air minum saat tidak diketemukan air jadi sama seperti dia berikan kehidupan.

Di dalam kandungan hadis itu mengatakan air, garam serta api hal itu bisa diqiyaskan pada perairan laut, barang tambang, minyak bumi, rimba, serta udara kepemilikan perorangan tidak bisa kuasai sumber-sumber itu. Di kuatirkan bila dikuasai oleh perseorangan jadi juga akan terjadi banyak rusaknya. Oleh karenanya sumber-sumber yang menyangkut hidup orang banyak tambah baik ada ditangan pemerintah karna hal itu lebih aman.

2 Serta jika sumber-sumber itu ada ditangan orang yg tidak bertanggungjawab jadi juga akan terjadi rusaknya baik di darat ataupun dilaut. Seperti dalam QS Al-rum 30 : 41 yang ini berarti sudah Terlihat rusaknya didarat serta dilaut karena sebab perbuatan tangan manusia, agar allah rasakan pada mereka beberapa dari karena perbuatan mereka, supaya mereka kembali pada jalan yang benar.

Tentang hadis itu demikian mulianya jika kita bersedekah dengan air, garam, serta api. Berikut tiga jenis sedekah yang begitu disarankan oleh rosulullah, oleh karenanya kita mesti bersedekah supaya hidup kita dilimpahkan rahmat oleh allah swt. Tidak cuma sedekah yang dirahmati oleh allah tapi juga sikap yang sama-sama tolong membantu pada sesama manusia, bukanlah bermakna kita membantu seorang itu mesti dengan uang dapat pula lewat dengan memberi motivasi, pengucapan, anjuran, dan lain-lain. Serta kita itu bersedekah tidak cuma meliputi air, garam, serta api. Namun dapat pula lewat senyuman oleh karenanya jika kita tidak miliki harta atau kekayaan untuk disedekahkan cukup hanya senyuman karenanya termasuk juga sedekah yang paling simpel. Mari kita dari mulai saat ini berlomba menabung amal kebaikan lewat cara bersedekah serta sama-sama tolong membantu pada sesama. Supaya kita dapat masuk ke surganya dengan selamat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *