Mengenal Alat – Alat Bantu Pernapasan

Salah satu sistem penunjang hidup manusia adalah respirasi atau pernapasan. Kita dibekali dengan organ paru – paru yang memiliki fungsi sebagai alat pernapasan kita. Ketika manusia mengalami kondisi tertentu bisa terjadi gangguan pernapasan yang menyebabkan kondisi kesehatannya memburuk. Dalam hal ini di rumah sakit ditangani dengan menggunakan alat kesehatan yang memiliki fungsi sebagai alat bantu pernapasan tergantung dari kondisi gangguan yang terjadi pada pasien tersebut.

Berikut ini beberapa macam alat – alat kesehatan yang berfungsi sebagai alat bantu pernapasan. Alat ini biasanya digunakan di rumah sakit sebagai penanganan apabila ada pasien – pasien yang mengalami gangguan pernapasan. Berikut macam dan jenisnya :

1. Ventilator

Kata ventilator berasal dari asal kata ventilasi yang bermakna pergantian udara. Seperti ventilasi rumah kita yang berfungsi untuk pertukaran udara, sama juga dengan sistem ventilasi yang ada di dalam tubuh kita. Dalam hal ini yang berperan adalah organ paru – paru. Ventilator berfungsi menggantikan fungsi sebagian atau seluruh organ paru – paru. Alat ini dilengkapi dengan parameter yang dirancang dan didesain khusus untuk fungsi ini. Oleh karena itu harga ventilator icu untuk rumah sakit cukup mahal.

2. Alat Oksigenasi

Alat bantu pernapasan yang selanjutnya adalah supply oksigen. Oksigen amat dibutuhkan oleh pasien dengan kondisi kritis, apalagi pasca kecelakaan. Alat oksigenasi terdiri dari beberapa macam alat seperti tabung oksigen, selang oksigen, masker oksigen dan juga regulator oksigen. Alat ini selain ditempatkan di unit Emergency rumah sakit, juga di tiap ruang rawat pasien.

3. Nebulizer

Nebulizer juga termasuk alat bantu pernapasan. Namun bukan sebagai pengganti fungsi paru – paru seperti ventilator atau juga penyuply oksigen. Alat nebulizer, berfungsi sebagai penunjang dalam pengobatan untuk menyembuhkan gangguan pernapasan pada pasien. Nebulizer berfungsi untuk mengubah obat cair menjadi uap yang bisa langsung masuk ke dalam saluran pernapasan, sehingga pengobatan akan menjadi lebih cepat.

Masih ada banyak lagi alat – alat yang berfungsi sebagai alat bantu pernapasan yang ada di rumah sakit dan klinik. Mudah – mudahan artikel singkat ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang alat – alat bantu pernapasan. Sekian, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *