Cetak Kemasan dan Packaging Makanan yang Berkualitas

Packaging Kemasan Makanan

Untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang kuliner, standar dalam cetak kemasan dan packaging makanan adalah pengetahuan yang harus Anda miliki. Hal ini karena packaging makanan dan kemasan harus sesuai dengan ukuran makanan yang Anda sajikan. Lalu packaging menjadi gambaran dalam brand Anda. Jadi packaging merupakan hal yang penting dalam penyajian dan branding usaha kuliner Anda.

Berikut jenis – jenis packaging / kemasan makanan dan minuman yang harus Anda tahu sebelum Anda memulai bisnis kuliner.

  1. Packaging / Kemasan Plastik, adalah kemasan yang digunakkan oleh suatu pabrik industri untuk mengemas makanan dan minuman. Kemasan plastik itu berbahan polyetilen polypropilen polyvinylchloride, yang berarti kemasan ini tidak aman dengan makanan atau minuman panas, karena bisa menimbulkan zat yang beracun dan mengakibatkan beberapa penyakit jika makanan yang Anda makan berawadah plastik, salah satunya adalah kanker.
  2. Packaging / Kemasan Kertas, kemasan kertas menjadi alternatif lain dalam menentukan packaging untuk makanan Anda. Penentuan kemasan yang tepat ini bisa disesuaikan dengan jenis makanan yang ingin Anda jual. Tetapi kertas yang digunakkan harus berstatus food grade, karena jika Anda memilih kertas secara asal, bisa saja menjadi tidak aman untuk dimakan dan jika kertas tersebut memiliki tinta, tinta tersebut bisa saja menyerap ke makanan.
  3. Packaging / Kemasan Kaleng, packaging ini memiliki kelebihan dan kekurangan, diantaranya jika makanan Anda dimasukkan ke kaleng, maka kesegarannya akan berkurang. Jika makanan dimasukkan ke dalam kaleng, makanan tersebut akan berkurang kesegarannya dan gizinya juga berkurang.
  4. Packaging / Kemasan Styroforam, packaging ini adalah kemasan yang paling diragukan keamanannya untuk manusia, tetapi kemasan ini sangat favorit dipakai para penjual makanan, karena bisa menampung banyak makanan dan harganyapun murah. Kemasan makanan ini biasannya mudah ditemukan untuk para penjual bubur atau mie.
  5. Packaging / Kemasan Gelas dan Kaca, secara kemasan, gelas dan kaca adalah kemasan teraman untuk makanan, hal ini terjadi karena kaca dan gelas bisa menahan panas yang berlebih. Tetapi bahan gelas dan kaca sangat mudah pecah jika terjatuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan, manakah kemasan yang terbaik untuk bisnis Anda, semua packaging atau kemasan ini baik, hanya sesuaikan saja kebutuhan Anda, cocokan kemasan makanan yang Anda ingin jual, dan sesuaikan dengan tempat makanan yang paling pas untuk makanan Anda. Sebelum memilih, lihatlah dari berbagai sisi, fungsionalitas kemasan tersebut jika dibawa oleh pelanggan, lalu keamanan packaging tersebut dengan makanan yang Anda jual.

Setiap bahan di packaging memiliki resiko tersendiri untuk kesehatan pelanggan kita, berikanlah yang terbaik untuk pelanggan bisnis Anda. Pilih dan cetak kemasan makanan yang sesuai dengan identitas brand Anda, pilihlah percetakan yang sesuai dengan standar kualitas bisnis Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *