Hati-Hati Anak Terlalu Gemuk (bahaya)

awas kegemukan

obesitas pada anak berbahaya

Di dunia lebih tepatnya pada setiap sudut negeri ,semua orang tua menginginkan anaknya selalu dalam keadaan sehat dan sejahtera. Kesehatan merupakan suatu yang sangat berharga dan sangat bernilai. Kesehatan tidak bisa dibeli dengan materi berupa harta atau sejenisnya. Maka dari itu bagai manapun cara akan dilakukan orang tua agar anaknya menjadi sehat.

Era maju seperti sekarang ini menjadikan banyak bermunculan makanan yang tidak higienis dan cenderung berbahaya. Alih-alih makanan tersebut bermerek terkenal menjadikan banyak orang tua  beserta anaknya mengonsumsi  makanan tersebut. makan yang bermerek terkenal dikira sehat tetapi malah sebaliknya. Tanpa disadari makanan tersebut berbahaya bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Makanan yang berbahaya dikonsumsi oleh anak berupa makanan  fast food atau makanan siap saji. Menurut mahdiah pada tahun 2004 mengatakan bahwa pola makan barat berupa fast food banyak mengandung kalori, lemak dan kolesterol. Asupan tersebut disimpan dalam jaringan lemak, lama kelamaan akan mengakibatkan terjadinya obesitas (mahdiah, 2004).

Makanan fast food sangat beresiko terhadap kesehatan anak berupa obesitas. namun masih saja banyak orang tua yang memberikan anaknya makanan tersebut . berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh dwi pada tahun 2012 mengatakan bahwa indonesia merupakan negara ke 10 yang paling banyak mengonsusmi makanan fast food.

Makanan fast food atau makanan siap saji sering disebut dengan junk food atau makanan sampah karena  tidak memiliki banyak manfaat bahkan sama sekali tidak bermanfaat.  Maka dari itu setiap orang tua perlu memberikan makanan yang bergizi dan tinggi protein. Salah satu makanan yang bergizi dan tinggi protein berupa beras merah. Beras merah telah banyak diteliti kandungannya dan banyak peneliti mengemukakan bahwa beras merah  mengandung serat, vitamin,zink, seng, lovastatin dan lainnya.

Sudah saatnya semua orang tua memberikan makanan yang sehat dan bergizi pada anak. jangan sampai salah pilih makanan karena akan berakibat pada kesehatan dan prestasi anak dimasa depan. Sebagai orang tua pasti tidak mau anaknya mengalami suatu yang tidak diinginkan. Oleh karena itu mulailah mengonsumsi makanan  yang sehat berawal dari keluarga ciptakan nuansa dan pola hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *