Surat kabar situs berita Filipina dicabut setelah ancaman Duterte

filipina
Pemerintah Filipina telah mencabut izin operasi dari situs berita terkemuka Rappler, kata beberapa pejabat pada hari Senin dalam sebuah keputusan yang dikecam oleh kritikus Presiden Rodrigo Duterte sebagai pukulan terbaru untuk kebebasan pers.

Rappler, yang didirikan pada tahun 2012, adalah salah satu kopling organisasi berita Filipina yang telah berdebat dengan Duterte mengenai liputan kritis mereka tentang perang obat brutalnya.

Namun pemerintah menolak tuduhan bahwa keputusan tersebut adalah sebuah serangan terhadap kebebasan pers, dengan juru bicara Duterte mengatakan Rappler dan Rappler Holdings Corp telah melanggar ketentuan dalam konstitusi negara tersebut yang membatasi kepemilikan media kepada orang-orang Filipina.

Pada pidato kenegaraannya kepada Kongres tahun lalu, Duterte berjanji untuk mengekspos “kepemilikan Amerika” Rappler.

“Masalah yang dihadapi adalah kepatuhan 100 persen kepemilikan dan pengelolaan media massa Filipina, ini bukan tentang pelanggaran kebebasan pers,” kata juru bicara Duterte Harry Roque dalam sebuah pernyataan Senin.

“Tidak ada yang di atas hukum Rappler harus mematuhi,” Roque menambahkan.

Editor pelaksana pengubah Rapperer Chay Hofilena mengatakan kepada AFP bahwa perusahaan tersebut akan mengajukan banding ke pengadilan atas keputusan Securities and Exchange Commission (SEC), yang akan mulai berlaku dalam 15 hari.

“Ini adalah pelecehan murni dan sederhana, kudeta yang tampak sebagai permusuhan terhadap serangan tanpa henti dan berbahaya terhadap kami sejak 2016,” kata situs tersebut dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan terus membawa berita Anda, memegang yang kuat untuk memperhitungkan tindakan dan keputusan mereka, meminta perhatian pada penyimpangan pemerintah yang selanjutnya melemahkan orang-orang yang kurang beruntung,” katanya.

Kasus tersebut menyangkut keputusan Rappler Holdings untuk menerbitkan penerimaan penyimpanan Filipina untuk saham Rappler Inc. yang menurut pemerintah dijual ke perusahaan asing.

“Tidak ada tujuan lain selain mempengaruhi skema yang menipu untuk menghindari konstitusi,” kata SEC dalam keputusan 11 Januari untuk mencabut sertifikat penggabungan Rappler yang dimuat di situs komisi tersebut pada hari Senin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *